Mon. Oct 26th, 2020

Flash Boat

Situs berita terpercaya di Indonesia.

Robot Ciptaan Unikom Bandung Juarai Kompetisi Di Amerika

1 min read

Robot Ciptaan Unikom Bandung Juarai Kompetisi Di Amerika

Flash Boat – Salah satu robot ciptaan Tim Robotika Unikom, Bandung memperoleh medali emas di kejuaraan robot internasional, The 12th Annual Robogames 2016 di Amerika Serikat. Ialah Beam Speeder DU116SPEEDER-V16. Beam Speeder jadi robot terbaru yang dibuat Divisi Robotika Unikom tahun ini, di desain dua mahasiswa, Rizaldi Permana dan M Wisnu Hidayatullah. Wujud robot seperti mobil-mobilan, ukurannya lebih besar sedikit dari bungkus rokok.

Sektor atas robot berwarna biru yang adalah panel-panel penyerap energi mataharai. Robot ini tak hidup memakai baterai, namun menggunakan tenaga surya, terang Ketua Tim Robotika Unikom, Rodi Hartono. Rodi salah satu dari lima orang yang bertolak ke Amerika Serikat. Anggota tim yang lain yaitu M Iqbal Wiguna, Rizaldi Permana, dan Ihsan Faturohman yang adalah mahasiswa, dan satu orang dosen pembimbing Taufiq Nuzwir Nizar.

Tim sukses memperoleh tiga emas, tiga perak dan dua perunggu. Jenis Beam Speeder baru tahun ini diikuti Tim Robotika Unikom. Hasil nyata langsung dirasakan yakni DU116SPEEDER-V16 sanggup mencatatkan waktu paling cepat di bandingkan peserta dari negeri lain. Dalam lomba, DU116SPEEDER-V16 dilombakan di satu buah lintasan sepanjang dua meter. Ia mesti berjalan tercepat menuju garis finish.

Penilaian dilakukan berdasarkan kecepatan. Kecepatan sendiri didapat dari sejauh mana robot bisa menyerap cahaya matahari yang dikonversi jadi energi. Kita tahun ini dapat kalahkan juara Beam Speeder dua kali juara secara beruntun di Brasil, kata Rodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.