Cara Unik Negara Bhutan Sambut Kelahiran Sang Pangeran

Cara Unik Negara Bhutan Sambut Kelahiran Sang Pangeran

Flash Boat – Negara Bhutan termasuk juga salah satu negeri yang tetap memegang pemerintahan monarki, keluarga kerajaan masihlah dianggap juga sebagai panutan dan pemimpin di negeri ini. Jadi saat ada kelahiran anggota baru kerajaan, semua warga Bhutan pasti ikut bergembira. Dan bisa jadi acara penyambutan pangeran Bhutan ini jadi salah satu yang paling ramah lingkungan di antara beragam pesta penyambutan kelahiran anggota kerajaan di dunia.

Buat menyambut kedatangan anak pertama Raja Khesar dan Ratu Jetsun, penduduk Bhutan mengadakan program penanaman pohon bersama. Ada sejumlah 82.000 warga di semua Bhutan menanam pohon, sedangkan 26.000 yang lain dilakukan dengan cara sukarela oleh negeri tetangga atau mitra terdekat disekitar Bhutan. Perihal ini dilakukan juga sebagai doa dan angan-angan warga Bhutan supaya pangeran mampu jadi penerus kerajaan yang baik nantinya.

Tenzin Lekphell, selaku koordinator acara ini mengemukakan bahwa dalam agama Budha, pohon disampaikan juga sebagai penyedia keperluan manusia, pemelihara yang menjaga manusia di dunia. Pohon pun menjadi simbol kehidupan, melambangkan usia panjang, kesehatan, kegagahan, kecantikan dan bahkan rasa sayang.

Angka 108 merupakan angka sakral dan suci dalam Budha. Tiap-tiap bibit pohon ialah doa & angan-angan supaya pangeran mampu mendapat segala kebaikan, tumbuh sehat, kuat, bijaksana dan miliki rasa kasih sayang kepada sesama, ungkap Tenzin Lekphell lebih lanjut. Sebab acar ini lah, Bhutan nyatanya masuk Guinness World Record lantaran sukses menanam 49.672 pohon dalam waktu satu jam.