Investor Pasar Turi Jadi Tersangka, Pedagang Sujud Syukur

Investor Pasar Turi Jadi Tersangka, Pedagang Sujud Syukur

Flash Boat – Direktur Utama PT Gala Bumi Perkasa, Henry J Gunawan telah ditetapkan Polda Jawa Timur sebagai tersangka kasus penipuan serta penggelapan di Pasar Turi, Surabaya. Sejumlah pedagang menggelar sujud syukur pada hari Sabtu, 20 Februari 2016 pagi itu.

Penetapan Investor tunggal tersebut mengenai pembangunan proyek Pasar Turi tersebut tertuang dalam Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SPH2HP) ke 4 Nomor B/228/SP2HP-4/II/2016 Ditreskrimum, pada tanggal 19 Februari 2016, serta ditandatangani Pit Wadireskrimum Polda Jawa Timur, AKBP Awan Hariono.

Atas terbitnya Surat tersebut, puluhan pedagang Pasar Turi menggelar sujud syukur di Posko perdagangan yang berada di area penampungan. Kuasa Hukum pedagang, I Wayan Titip Sulaksana, yang didampingi Abdul Hadir yang menjabat sebagaikuasa hukum pedagang mengatakan bahwa hal ini membuktikan tindak pidananya sempurna. Sejak tahun 2015 yang lalu penempatan yang sudah satu tahun tersebut. Sehingga kamio merasa sangat senang dengan adanya kabar ini.

Bukan hanya menetapkan sebagai tersangka, para pedagang juga meminta kepada polisis untuk melakukan pencekalan dan penahanan terhadap Hensy. Wayan juga menambahkan bahwa janganhanya sebagai tersangka, tetapi Henry juga harus dicekal dan ditahan agar tidak kabur. Tersangka juga melakukan penipuan terhadap pedagang sebanyak 4500, yang menjanjikan menempati stan Pasar Turi Batu. Pedagang diminta untuk mengeluarkan uang stan sebesar 10 juta serta biaya notaris sebesar 1,5 juta dan biaya hak pakai stan, sehingga total biaya mencapai Rp 1,4 Triliun.