Katalog The Beatles Berharga 9,9 Triliun

Katalog The Beatles Berharga 9,9 Triliun

Flash Boat – Sony belum lama ini membeli katalog musik Beatles seharga 750 juta US Dolar atau berkisar 9,94 triliun Rupiah bersama asumsi kurs 13.260 rupiah setiap dollar AS atau berkisar 50 % kepemilikan saham perusahaan Sony/ATV. Perusahaan beli saham itu dari kepemilikan almarhum penyanyi legendaris Michael Jackson.

Kesepakatan ini mempermudah menghapus hutang Jackson, sekaligus memperkuat posisi Sony juga sebagai penerbit musik. Katalog yang sudah dipunyai Sony/ATV disaat ini termasuk juga lagu karya Wyclef Jean, Taylor Swift, dan Fab Four. Sony dan Jackson pada awal mulanya membentuk Sony/ATV terhadap 1995. Saat itu Jakcson sudah membeli ATV, pemilik lagu Beatles, seharga 41,5 juta US Dolar.

Hak penerbitan ini berikan kontrol atas gimana musik dan lirik satu buah lagu digunakan dalam radio, tv, dan film. Film seri Mad Men, contohnya, membayar 250 juta US Dolar buat lagu Beatles yang berjudul Tomorrow Never Knows dalam salah satu episodenya di 2012. Jackson adalah orang perdana yang mengenali nilai dalam mengendalikan hak atas karya yang ternama.

John Branca dan John McClain, selaku pelaksana harta Jackson menyampaikan, pembelian katalog ATV adalah investasi tercerdas dalam histori musik. Transaksi ini mengizinkan kami buat meneruskan upaya mengoptimalkan harta Jackson demi kebutuhan anak-anaknya, kata Branca dan McClain dalam suatu pernyataan.