Hangatnya Mencicipi Sop Buntut Ma’emun

Hangatnya Mencicipi Sop Buntut Ma’emun

Flash Boat – Kota Bogor memang dikenal menjadi daerah yang sering kali diselimuti dengan hujan hingga membuatnya lekat dengan udara dingin. Pada moment seperti ini sangat cocok bila menyantap hidangan yang lezat dengan kuah yang hangat dan salah satu pilihan menu terbaik adalah Sop Buntut Ma’emun yang merupakan sop yang sudah sangat ternama di daerah Bogor. Ma’emun sendiri diambil dari nama pemiliknya yaitu SIti Maemunah.

Ma’emun merupakan pendiri kedai sop tersebut yang kini resep kelezatan sopnya masih dipegang oleh para pewarisnya. Sop buntut Ma’emun sendiri memiliki cici khas tersendiri berupa daging buntut yang sangat empuk tidak ulet dengan tidak lagi menempel pada bagian tulang serta masih dipadukan dengan kekenyalannya. Nuni Apriyani yang sekarang menjadi pewaris resep sop buntut Ma’emun menceritakan bahwa pada jaman dahulu neneknya tersebut menjajahkan sop buntut dengan hanya sekedar mangkal dibawah pohon.

Ma’emun sendiri awalnya tidak sengaja berniat jualan sop buntut. Suatu ketika halaman rumahnya digunakan sebagai tempat menyembelih hewan kurban. Ma’emun kemudian memasak buntut sapi hewan kurban tersebut untuk dihidangkan. Ternyata masakan Ma’emun sangat lezat dan disukai banyak orang hingga membuatnya berfikir untuk membuka usaha berjualan sop buntut.

Selain itu Nuni juga mengatakan bahwa kelezatan sop Ma’emun sudah terdengar hingga kalangan keluarga Istana Kepresidenan. Sempat beberapa orang memesan sop Ma’emun untuk dihidangkan kepada sang Presiden yang saat ini masih dijabat oleh Susilo Bambang Yudhoyono.