Masjid Ini Bukti Peradaban Islam Di Amerika Serikat

Masjid Ini Bukti Peradaban Islam Di Amerika Serikat

Flash Boat – Umar, laki laki 66 tahun itu, merupakan pensiunan Petugas perusahaan listrik dan ia pun diserahi pekerjaan yang lumayan penting : menjaga warisan simbol keagamaan dalam histori Amerika. Pemakaman itu, yang dihiasi simbol bulan sabit di gerbang dan batu-batu nisannya, yaitu kebenaran warisan populasi muslim berumur nyaris 120 tahun. Tidak jauh dari sana berdiri satu buah masjid tertua di Amerika Serikat.

Tempat Ibadah di Negeri Bagian North Dakota itu didirikan oleh para pendatang yang berasal dari daerah Syam yakni Suriah dan Libanon saat ini terhadap tahun1929. Sesudah terbengkalai dan rusak, generasi keturunan para pendatang itu dan sebanyak penduduk Kristen yang bersahabat sejak lama, membangun kembali tempat ibadah itu terhadap tahun 2005.

Rumah ibadah itu lumayan sederhana. Ukurannya cuma kurang lebih lima kali lima meter. Di atapnya ada kubah dari alumunium dan empat menara. Letaknya ratusan meter dari jalan utama di pinggiran Kota kecil Minot yang berpenduduk 200 jiwa atau kurang lebih 96 kilo meter sebelah barat kota itu.

Biarpun masjid itu jarang digunakan, bahkan di bulan suci Ramadan sekalipun yang bakal dimulai 5 Juni kelak, namun bangunan itu memiliki makna bagi warisan dan kebanggaan muslim Amerika. Di tahun pemilu presiden ini, penduduk muslim ikut meramaikan peta perpolitikan di Negara Paman Sam. Keberadaan tempat ibadah ini jadi simbol bahwa muslim telah jadi bagian dari sejarah Amerika sejak lama.