Mengenal Akan Bahaya Dari Gigi Bungsu

Mengenal Akan Bahaya Dari Gigi Bungsu

Flash Boat – Gigi Bungsu atau gigi geraham ketiga adalah gigi terakhir yang tumbuh dirongga mulut kita. Gigi ini keluar atau bereropsi di mulut sekitar usia 17-25 tahun, atau diusia yang lebih lanjut. Ketika gigi bungsu tumbuh maka biasanya gigi yang lain berjumlah 28 sudah tumbuh semua sehingga sering kali tidak ada ruangan yang cukup untuk tempat gigi bungsu.

Hal ini sering menyebabkan keluarnya gigi bungsu yang menimbulkan rasa nyeri pada mulut pada bagian belakang yaitu area di belakang gigi geraham kedua. Nyeri ini meningkatkan secara cepat dan bertahap seiring tumbuhnya gigi bungsu tersebut. Tanda lain adalah kemerahan, lunak dan sedikit bengkak diarea gigi bungsu tersebut.

Gigi bungsu dapat mengalami imaksi yaitu gigi tidak dapat keluar sama sekali ke rongga mulut atau gigi tidak dapat keluar secara utuh. Penyebabnya adalah posisi dan adanya tekanan dari gigi tetangga yang tidak menguntungkan bagi proses keluarnya gigi bungsu tersebut,

Semakin lama terjebak, maka gigi bungsu semakin memiliki potensi untuk menyebabkan masalah dalam rongga mulut kita. Gigi bungsu yang impaksi dapat terinfeksi karena area gigi sulit dibersihkan. Makanan serta bakteri yang lainnya yang dapat mengakibatkan gusi sakit serta gigi berlubang, kista dan infeksi lainnya.