Musim Perdana Kiper Barcelona Penuh Catatan Membanggakan

Musim Perdana Kiper Barcelona Penuh Catatan Membanggakan

Flash Boat – Kulitas Claudio Bravo sebagai kiper utama Barcelona memang tak perlu diragukan lagi meskipun musim ini menjadi karir perdananya sejak dia mulai bergabung pada awal musim panas lalu. Kapasitas yang dimiliki Bravo sudah mulai nampak saat dia tampil menawan kala memperkuat Timnas Cile dalam pagelaran Piala Dunia 2014 lalu hingga membuat Blaugrana kepincut meminangnya untuk menggantikan mantan kiper utama mereka Victor Valdes.

Meski terbilang anak baru namun dalam level klub, Bravo sukses menorehkan catatan prestasi individu yang sangat membanggakan yakni memecahkan rekor sebagai kiper terbanyak dalam melakukan sapu bersih pertandingan tanpa kebobolan yang sebelumnya dipegang oleh Valdes. Musim ini dia tercatat sudah sebanyak 23 kali amankan cleansheet dalam 37 partai bersama Blaugrana sementara Valdez menorehkan sebanyak 20 cleansheet yakni pada musim 2004-2005 silam.

Selain itu Bravo musim ini juga sukses mendapatkan penghargaan sebagai kiper terbaik La Liga dengan hanya tercatat 19 kali kebobolan dalam satu musim atau sepulkuh gol lebih sedikit dibandingkan dengan pengawal gawang Valencia Diego Alves dengan prosentasi 0,51 gol tercipta kegawangnya dalam setiap pertandingan.

Tak cukup berhenti disitu, rekor lain yang berhasil disabet oleh Bravo adalah rekor terlama menjaga keperawanan gawangnya yakni selama 754 menit tanpa kebobolan. Catatan itu sendiri jauh melewati torehan yang pernah dipegang oleh sang legenda Pedro Manin Artola saat bermain pada musim 1977-1978 silam