Pabrik Daihatsu Sunter Torehkan Prestasi Membanggakan

Pabrik Daihatsu Sunter Torehkan Prestasi Membanggakan

Flash Boat – Pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) yang berada di Sunter, Jakarta, berada di kelas teratas di bandingkan dari semua pabrik Daihatsu di semua dunia. Perihal ini disampaikan oleh Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT ADM. Sebab kami anggota dari group Toyota, kami sempat di audit oleh mereka, hasilnya memuaskan. Kami menang bersaing dengan Toyota global, contohnya pabrik di Inggris ataupun Turki, jelasnya.

Keunggulan dari Sunter Assembly Plant (SAP) ialah proses pengerjaan yang rumit, terlebih bersama luas lahan yang cuma 12,7 hektar. SAP bahkan mampu menghasilkan mobil yang lebih banyak dibandingkan Karawang Assembly Plant (KAP) yang memiliki pabrik lebih luas. Bersama luas yang sempit itu, Amel menuturkan produksi suatu mobil tak dilakukan dalam satu garis maju, namun bisa pula dengan cara vertikal, dan bahkan mundur.

Dalam satu garis pun tidak cuma untuk satu model, namun berbeda model hingga berbeda warna pula, imbuh Amel. Buat diketahui, SAP memproduksi mobil sejumlah 330 ribu satuan setiap tahunnya, bersama rata rata produksi berdurasi 69 detik per satuan, atau 700 satuan setiap harinya. Sementara KAP kapasitas produksinya cuma sejumlah 200 ribu satuan setiap tahunnya.

Buat sejumlah model yang dihasilkan, di SAP Daihatsu menciptakan Gran Max, Terios, Xenia, serta Luxio. Sementara di KAP terdapat sejumlah model seperti Ayla dan Agya. Keunggulan kedua ialah batas toleransi kesalahan. Salah satu admin pabrik mengemukakan, batas toleransi yang diizinkan ialah lima prosen. Artinya, 95 % mobil yang dihasilkan mesti benar-benar tanpa cacat.