Produk Apple Akan Rusak Jika Di Ubah Tanggal 1970an

Produk Apple Akan Rusak Jika Di Ubah Tanggal 1970an

Flash Boat – Salah satu web Tribunnews.com menyebutkan bahwa jangan sesekali mengubah tanggal di perangkat iOS Baik iPhone, iPad, maupun iPod Touch menjadi masa lalu yaitu tepatnya tanggal 1 Januari 1970. Jika hal tersebut dilakukan, maka perangkat mobile tersebut bisa langsung rusak.

Masalah tersebut yang disebabkan karena adanya bug pada pengaturan tanggal iOS. Sejumlah pengguna yang melaporkan bahwa pemicu terbesar dari hal tersebut karena perunahan tanggal menjadi 1 Januari 1970 dan melakukan restart.

Setelah restart, perangkat genggam akan hang, dan hanya menampilkan logo Apple dan tidak bisa melakukan boot ke sistem operasi tersebut. Paling parahnya seperti yang dijelaskan dari Sydney Morning Herald, Senin 15 Februari 2016 menyatakan bahwa kondisi tersebut akan tetap berulang meskipun pengguna ponsel sudah melakukan reset ualng atau mengganti firmware dalam perangkat genggamnya.

Bug tersebut hanya akan terjadi pada perangkat genggam tersebut yang menggunakan chipset 64-bit, yang artinya hal tersebut hanya menimpa pada iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini, iPad Touch 2015 dan yang baru. Hal tersebut tidak tau penyebab bug tersebut. Akan tetapi, ada perkiraan bahwa bug yang terjadi karena 1 Januari 1970 adalah hari pertama terdapat dalam sistem pengaturan waktu platform Unix yang akan menjadi basis sistem operasi pada iOS. Pada sistem Unix tersebut melacak pergerakan waktu yang berdasarkan pada detik-detik yang berlalu setelah hari pertama.