Rinuak, Jajanan Khas Danau Maninjau

Rinuak, Jajanan Khas Danau Maninjau

Flash Boat – Di pinggiran Danau Maninjau persisnya di Kampung Gasang Maninjau Kab Agam Sumatera Barat, berjejer sejumlah warung sederhana yang jual beragam makanan khas Danau Maninjau. Olahan seperti Palai Rinuak, Rinuak Goreng, Pensi, Bada Masiak, dan Bada Goreng dapat kamu nikmati di lokasi ini. Menurut salah satu penjual Uni Meli, Palai Rinuak serta Rinuak goreng ialah yang paling disukai wisatawan.

Rinuak merupakan sejenis ikan tawar yang hidup di Danau Maninjau. Rinuak, dalam bahasa Minang berarti kecil. Ikan Rinuak mempunyai wujud yang amat kecil, berwarna putih kekuningan, serupa seperti Ikan Teri Medan. Ikan Rinuak amat spesial, sebab cuma dapat hidup di Danau Maninjau. Bahkan sesudah ditangkap oleh jaring nelayan lalu diangkat ke atas permukaan air, ikan ini segera mati.

Ikan RInuak memang tak seperti ikan umumnya yang tetap mampu bertahan hidup sekian banyak detik sesudah ditangkap. Sekalipun dibawa ke penampungan yang dipenuhi oksigen, Ikan Rinuak masih tidak bakal bertahan kecuali cuma di Danau Maninjau. Karenanya Ikan Rinuak segar cuma mampu ditemukan disekitar Danau Maninjau.

Wisatawan yang mau mencobanya juga sebagai buah tangan, bisa membeli dalam wujud makanan seperti Palai Rinuak, Rinuak goreng, ikan asin Rinuak ataupun peyek Rinuak.