Sang Monster Udara Legendaris Hidup Kembali

Sang Monster Udara Legendaris Hidup Kembali

Flash Boat – Mriya, pesawat paling besar yang sempat ada didunia, baru-baru ini kembali mengudara dalam misi pengantaran barang melewati tiga benua. Pendaratan burung paling besar didunia itu di Praha, sontak menarik perhatian tidak sedikit kalangan. Banyak orang beramai-ramai datang ke Praha, buat melihat Mriya melawan gravitasi ketika bakal mendarat di bandara Vaclav Havel, Republik Ceko.

pesawat yang dengan cara resmi dikasih nama lain Antonov An-225 itu, dibuat terhadap tahun 1980-an buat mengangkut sekoci pesawat ruangan angkasa Soviet di punggungnya. Saat pengangkutan sekoci itu berhenti, Mriya dinobatkan juga sebagai pesawat pengangkut barang paling bagus di dunia. Terhadap hari Selasa 10 Mei 2016, pesawat itu kembali mendarat di Praha dan disambut oleh para Pegawai bandara, buat memuat perut burung besi ‘raksasa’ tersebut bersama generator seberat 130 ton yang bakal dikirimkan ke Australia.

Apabila umumnya pesawat digerakkan oleh dua atau empat mesin jet, burung besi raksasa itu dijalankan bersama memakai enam mesin jet. Sayap Mriya mempunyai panjang 290 kaki atau setara bersama 88 meter. Panjang kargonya bahkan melebihi panjang penerbangan bersejarah Wright bersaudara terhadap tahun 1903.

Ketika lepas landas, pesawat tersebut mesti berjuang mengangkat tubuh seberat 640 ton, yang bahkan dua kali lipat lebih berat dari Patung Liberti. Apabila rata rata barang dimasukkan ke dalam kargo lewat sektor bawah perut pesawat, Mriya cuma tinggal mengakses sektor hidungnya yang segera membuka bersama perut kargo.