Sertifikasi Bantu Produk Katu Indonesia Kuasai Pasar Eropa

Sertifikasi Bantu Produk Katu Indonesia Kuasai Pasar Eropa

Flash Boat – Sertifikat Legalitas Kayu (SLK) yang dikeluarkankan dari System Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dalam tempo dekat bakal dipercaya juga sebagai lisensi Forest Law Enforcement, Governance and Trade (FLEGT) oleh Uni Eropa. Bahkan, SLK ini dipandang jadi kesempatan bagi Indonesia buat menguasai pasar product kayu tropis di negara Eropa.

Ida Bagus Putera Parthama yang merupakan Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan pengakuan SLK oleh dunia internasional sehingga bakal berikan tidak sedikit keuntungan bagi Indonesia. Salah satunya, product olahan kayu Indonesia mendapat kemudahan buat masuk ke pasar Eropa. Pernyatan SLK juga sebagai lisensi FLEGT bakal memberikan keuntungan bagi Indonesia buat masuk ke pasar Eropa, papar dirinya.

Menurut Ida, kini Indonesia menguasai kurang lebih 40 prosen pangsa pasar kayu tropis di Eropa. Berdasarkan data system info legalitas kayu, ekspor Indonesia ke Uni Eropa semenjak Januari 2013 hingga Desember 2015 mencapai 211,9 juta US Dollar. Dilain pihak,Smita Notosusanto yang merupakan Direktur Program Multistakeholder Forestry Programme III menyambung, pernyatan SLK yang merupakan lisensi FLEGT bakal jadi yang perdana di dunia.

Nantinya, product kayu Indonesia tak butuh lagi melintasi mekanisme uji tuntas (due dilligence) yang memakan waktu juga anggaran buat masuk ke pasar Uni Eropa. Posisi Indonesia dijamin jadi yang terdepan di bandingkan sejumlah negeri pembuat kayu yang lain lantaran sudah mempunyai SVLK, Kata Smita.