Wajan Raksasa Kuno Ditemukan Di Kutoarjo

Wajan Raksasa Kuno Ditemukan Di Kutoarjo

Flash Boat – Tidak Hanya menemukan wajan raksasa berdiameter 270 centimeter bersama ketinggian 90 centimeter sekian banyak buruh bangunan saat menggali tanah buat fondasi gudang di kawasan ruko Jalan MT Haryono, Kecamatan Kutoarjo, Kab Purworejo, Jawa Tengah pun menemukan bangunan diduga bekas tungku minyak tanah kuno di bawah wajan itu.

Tungkunya dari batu bata kuno yang ukuran batu batanya lebih besar dari batu bata era saat ini, ungkap Mijan sebagai mandor buruh bangunan. Mijan mengira bila wajan raksasa beserta bangunan tungku minyak tersebut adalah peninggalan kuno pabrik yang telah beberapa ratus tahun.

Perkiraan aku ya wajan dan tungku minyak itu merupakan peninggalan pabrik yang beroperasi beberapa ratus tahun dulu, ucapnya. Mijan menuturkan, kala penemuan dia dengan buruh bangunan anak buahnya berupaya menyingkirkan wajan lantaran menghalangi galian fondasi. Tetapi upaya sebanyak buruh bangunan itu cuma sia-sia. Pasalnya, berat wajan yang diperkirakan lebih dari satu ton itu tak sanggup buat digeser para buruh bangunan itu.

Kami mencoba menggeser. sejumlah tujuh orang buruh aku ikut menggeser tetapi wajan sama sekali tidak bergerak dari tempatnya, cerianya. Walaupun begitu, Mijan dan beberapa masyarakat seputar sewaktu tinggal di lokasi itu tak sempat mendengar info pemakaian wajan raksasa itu pada zaman dahulu.